Dual Cam Madness !





image

Kamera adalah salah satu faktor terpenting pada smartphone kita. Ada idiom yang mengatakan, the best camera is the one that’s in your pocket. Ya, kamera smartphone telah menggantikan peran kamera pocket pada jaman sekarang.
Pada masa lalu OEM berlomba-lomba menaikkan megapixel dalam perlombaan mengejar titel Best Smartphone Camera. Lalu setelah berlomba-lomba megapixel, OEM mulai menaruh perhatian pada ukuran sensor. Alhasil kita sampai pada titik dimana Megapixel tidak segede dulu ( inget Nokia Lumia PureView yang sampe 41 MP ? ), tapi kebanyakan pabrikan bermain di angka 12 mp – 16 mp dengan ukuran sensor yang lebih besar. Sensor yang lebih besar artinya makin sensitif terhadap cahaya, which means better photo in low light situation.
“The best camera is the one that’s in your pocket” 
Setelah perlombaan megapixel, ukuran sensor, sekarang perlombaan memasuki babak baru : Dual Camera !
Dual Camera ini akan menjadi salah satu syarat utama yang harus ada pada flagship smartphone ke depannya. Tercatat Apple, LG, Huawei, Nokia, Xiaomi, HTC, Asus ( Review Asus Zenfone Zoom S ), dan yang terbaru di launch dari Motorola yaitu Moto Z2 Force ( Spek Moto Z2 Force )  yang telah membenamkan Dual Cam pada flagship nya. Menyusul ke depannya ada Samsung, Pixel, Sony, yang juga akan ‘ikut-ikutan’ memakai Dual Camera.
Ada banyak konfigurasi Dual Camera yang dipakai oleh pabrikan. Apple misalnya, dual camera mereka manfaatkan untuk Optical Zoom. Dengan begitu kita tidak akan mengalami degradasi pada foto seperti jika menggunakan Digital Zoom. Langkah ini diikuti Xiaomi ( Review Xiaomi Mi 6 ), dan Motorola. Konfigurasi lain, yaitu menyematkan sensor Black & White beserta sensor RGB ( Warna ) pada device nya. Ini dilakukan oleh Huawei ( Review Huawei P9 ), dengan janji bahwa sensor BW akan mampu menambah kepekaan kamera pada kondisi low light.
Konfigurasi lain lagi, yaitu Wide Angle Lens + Normal Lens. Nah, bagi saya yang hobi foto landscape / arsitektur, ini adalah konfigurasi yang paling pas ! Saat ini konfigurasi ini diterapkan oleh LG, yang dimulai sejak LG G5 – V20 – dan terakhir LG G6 ( Spesifikasi LG G6 ).



image

Dengan Wide Angle Lens, LG G6 mampu mengcapture sudut pandang hingga 125 derajat ! Bandingkan dengan kebanyakan lensa smartphone kebanyakan yang hanya mampu hingga 85 derajat, G6 mampu mengcapture lebih banyak objek ke dalam 1 frame.



image

Bandingkan sendiri hasil bidikan iPhone 7 ( Spesifikasi iPhone 7 ) vs wide angle lens dari LG G6 dibawah ini :



image






image






image


Normal Lens LG G6



image

Wide Angle Lens LG G6 



image

Menarik bukan ? Karena sudut pandang nya yang luas, lensa wide angle dapat memberikan efek ‘dramatis’ sendiri pada foto kita.
That’s why saya berharap ke depannya akan banyak pabrikan yang juga memakai konfigurasi ini :)

Agar tak ketinggalan dan stay update dengan teknologi terbaru, atau lagi kebingungan mau cari referensi handphone, be sure to visit Sinyaliti.com dijamin kalian ga akan lagi kebingungan ! :)

Comments

Popular Posts