2019 #IniSaatnya Nambah !


Nambah ? Nambah apa ya ?
Maksudnya ya 2019 Nambah Umur Penghasilan bro ! 

hehehe 😁



Perkenalkan guys, gue Valdi dari Cirebon. Foto yang gue pajang diatas ini alhamdulilah adalah rumah gue pribadi yang ditempati saat ini - namanya Homepiness, akronim dari Home That Brings Happiness alias Rumah Yang Membawa Kebahagiaan *aminn*

Sejak awal, gue dan istri banyak sharing-sharing seluk beluk tentang Homepiness ini di Instagram kita, baik itu tentang building material yang kita pakai, tips-tips interior, budget membangun rumah, dll.

Gue & istri sebenernya bukan Desainer Interior. Kita berdua cuma Interior Enthusiast, suka interior tapi otodidak. Kira-kira begitulah. hahaha.

Karena itu kita buat account Instagram untuk sharing ilmu yang kita pelajari sewaktu kita membangun rumah ini, dari awalnya cuma iseng, kok ternyata cukup banyak juga yang tertarik ngedengerin cerita-cerita kita yang kadang gak jelas ini. Hehehe 😛


Diantara banyak pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan ke kita, one of the question that pop outs often adalah : 
"Kok rumahnya ga disewain aja kak ? mau deh nginep situu"
Saat itu memang kita belum kepikiran untuk menyewakan rumah kita. Meskipun kita udah seringkali menolak & meminta maaf - karena sering banget orang kontak menanyakan rate untuk nginep berapa 😂. Setiap kali ada yang nanya selalu kita jawab : Maaf, ini rumah pribadi. Belum untuk disewakan. Tapi selalu pertanyaan itu ada lagi ada lagi.

Itulah yang membuat kita berdua, di suatu hari di bulan Januari 2019 kemarin berpikir :
Kenapa kita ga buka Bed & Breakfast beneran aja ya ?



Jadi, kalau tak ada aral melintang apalagi metromini melintang di jalan, tahun 2019 ini kita berdua berencana untuk membangun Homepiness 2.0 , khusus untuk Bed & Breakfast ( BnB ) di kota Cirebon. Ini memang rumah yang dibangun baru khusus untuk disewakan, bukan dari existing rumah pribadi kita.

Kita berdua bisa mengerjakan desainnya, urusan membangun bisa ditangani sendiri karena kerjaan gue memang kontraktor, lokasi ada, tinggal dana masih lagi mencari-cari uang yang terselip di bawah bantal. Huahahaha. Kidding 😁



Sebenernya, Cirebon itu sendiri potensial gak sih untuk dibangun BnB macam ini ? Menurut kita sih, potensial pake banget !

Kalau dulu awal Tol Cipularang dibuka dan orang Jakarta berbondong-bondong memenuhi Bandung tiap weekend, nah cerita yang sama terjadi di Cirebon. Sejak Tol Cipali dibuka dan memotong jarak tempuh Jakarta-Cirebon dari 5-6 jam menjadi tinggal 2,5 jam saja, tiap weekend di kota ini selalu dipenuhi oleh wisatawan dari luar kota. Hampir semua hotel penuh, dari hotel melati sampai hotel bintang semuanya full book !



November kemarin, Kang Emil selaku Gubernur Jawa Barat berkunjung ke Cirebon mengatakan bahwa beliau akan fokus menjadikan Cirebon sebagai destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat. Ditambah dengan adanya Bandara Internasional Kertajati yang telah dioperasikan, makin menambah mudah akses wisatawan untuk berkunjung ke kota udang ini.

Nah, salah satu potensi yang mau kita garap disini adalah : Belum adanya penginapan yang insta-genic di Cirebon

Kalau kita ke Bandung, udah ada segudang lokasi BnB yang cakep-cakep untuk foto. Tapi di Cirebon ? Nopeee. Hotel di Cirebon memang banyak, tapi belum ada hotel yang kece untuk foto-foto seperti di Bandung / Jogjakarta ! 😉



Lagian kenapa sih buat tidur aja harus kece ?
Eh jangan salah! Tren sekarang orang berwisata adalah untuk foto-foto & upload di sosmed. Kalau tempat menginap mereka keren, jadi dapet dobel keuntungan : tempat nginap + studio untuk pamer foto-foto 😁



Seperti contoh foto diatas, itu adalah foto prewedding temen kita yang berlokasi di HomepinessIni nyambung dengan potensi kedua yang ingin kita garap, yaitu sebagai Lokasi Photoshoot & Meeting Venue.

Penyewaan lokasi photo shoot & meeting venue ini adalah rencana kita untuk mengoptimalisasi penggunaan rumahnya pada saat weekdays - dimana biasanya penginapan-penginapan lebih sepi ketimbang pada saat weekend. Jadi harapannya Homepiness 2.0 ini nanti bisa mendatangkan income baik dari weekend maupun weekdays :)





Namun, ada beberapa issue yang dulu kita hadapin waktu membangun Homepiness - dan (mungkin) masih akan dihadapi waktu membangun Homepiness 2.0 nanti, yaitu : Susahnya mencari building material di Cirebon.

Nasib hidup di kota kecil, jadinya sulit kalau mau mencari material-material bangunan yang diluar standar 😥

Ini salah satu contoh material yang waktu dulu kita kesulitan mencari di Cirebon : Vinyl Floor



Mungkin karena ga banyak orang yang pake Viny Floor seperti ini di Cirebon, waktu itu nyari bahan ini susah banget. Kalaupun ada, harganya mahal banget. Alhasil waktu itu kita berdua pergi sendiri bawa mobil ke Jakarta, cari vendor yang bagus & harga terjangkau, lalu bawa pulang vinyl nya sendiri.

Repot ? Banget lah. Tapi mau gimana lagi ?



Nah disinilah Ralali.com hadir sebagai solusi dari masalah yang saya hadapin diatas guys !

Sekarang gue kalo butuh Vinyl Flooring lagi cukup klik Ralali.com, dan pilih bagian Building Materials -> Flooring  dan Tadaa ! Keluar deh vendor-vendor yang memiliki Vinyl Floor lengkap dengan harga grosir nya.




Kita tinggal klik di barang yang kita mau untuk liat detailnya 




Beres dehhh, tinggal Checkout & Bayar ! 😉

Selain Vinyl, ada 1 lagi yang contoh material yang ga bisa gue dapetin di Cirebon. Yaitu Tegel.

Nyari Tegel ini supplier nya sedikit sekali, dan nyarinya pun susah. Waktu itu kita sampe dateng ke salah satu pabrikan di Jogjakarta, tapi hasilnya nihil. Karena ongkir dari Jogja nya itu muahal banget. Kira-kira untuk ongkir nya aja, bisa lah untuk biaya pake material lain selain tegel. Kebayang kan mahal nya ? Akhirnya kita putuskan untuk ga jadi pake tegel karena it will be too costly 😩



Akhirnya dulu kita switch tegel ke granit ini yang kita pakai sekarang. Model & motifnya ga se-authentic kalo pake tegel asli sih, tapi ya udah deh daripada ga ada.

Nah, untuk Homepiness 2.0 nanti gue udah ga khawatir lagi kesusahan nyari tegel. Kenapa ? karena Ralali.com punya fitur yang namanya Request for Quotation.



Disitu kita bisa isikan permintaan penawaran atas barang yang spesifik kita butuhkan / belum ada di listing di Ralali.com, dan nanti seller-seller di Ralali.com yang akan memberikan penawaran-penawaran harga untuk kebutuhan kita tersebut. Kira-kira prosesnya seperti di video dibawah ini :



Gampang kan guys ? Di jaman serba digital ini bahkan kita bisa belanja material untuk bangun rumah tanpa harus cape-cape ke toko besi. hihihi 😁 

Thanks Ralali.com yang udah membantu & menginspirasi kita untuk bergerak maju. Yang tadinya kita males-malesan untuk memikirkan Homepiness 2.0 ini - males karena mikir harus belanja material lagi sendiri, harus keluar kota nyari supplier sendiri, dsb - sekarang menjadi mudah karena semua bisa dilakukan dengan klik-klik.

Even easier, tinggal download apps nya, dan urusan beli-membeli Material bisa dilakukan kapan aja, dimana aja 😊



Thank you Ralali.com !

Comments

Popular Posts